Wednesday 15 April 2015

Taekwondo Leadership Training 2015

Bacground TLT
TLT? Apa itu??
Itu adalah ucapan yang terlontar dari beberapa taekwondoin yang bertanya tentang TLT.
Maklum mereka tidak mengerti karena pada dasarnya TLT yang merupakan kepanjangan dari Taekwondo Leadership Training ini baru diadakan pada tahun ini, insyaAllah untuk ke tahun selanjutnya acara ini akan terus dilaksanakan demi memberikan ilmu yang lebih banyak lagi kepada seluruh Taekwondoin.

Taekwondo Leadership Training (TLT) merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh UKM Taekwondo Indonesia Dojang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada hari Sabtu, 11 April 2015 di Ruang Sidang Bersama Lantai 3 Gedung Pusat Komunikasi dan Sistem Informasi (PKSI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan tema "Menumbuhkembangkan Militansi Pengurus Melalui Transformasi Nilai-Nilai Organisasi."

Acara ini diikuti oleh anggota UKM Taekwondo baik dari anggota maupun pengurus itu sendiri. Tujuannya, untuk memberikan bekal kepada anggota baru yang merupakan calon pengurus selanjutnya dan juga ilmu yang lebih baik lagi bagi pengurus yang sedang bertugas pada satu periode ini.

Acara yang bermula pada jam 08.00 WIB pagi ini dibuka dengan acara pembukaan yang dibawakan oleh saudari Fitria Susanti. Acara yang dimulai dengan pembacaan basmalah yang kemudian dilanjutkan dengan Qira’atul Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan dari Ketua UKM dan Pembina UKM ini diakhiri dengan membaca Hamdalah.

Qira'atul Qur'an
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Sambutan dari Ketua UKM Taekwondo, Ageng Asmara Sani
Sambutan dari Pembina UKM Taekwondo, bapak Aris Risdiana, S.Sos.I., M.M
Setelah selesainya acara pembukaan, pengisian materi-materi pun dimulai. Materi I Motivasi dibawakan oleh pembina UKM Taekwondo yaitu bapak Aris Risdiana, S.Sos.I., M.M, beliau menyampaikan banyak sekali hal kepada para peserta pelatihan, memberikan motivasi, memberikan arahan dan memberikan pengertian yang jelas untuk menjadi pengurus yang baik dan benar.


Pembina UKM memberikan Motivasi kepada para peserta
Materi 1 Motivasi
Beliau menyampaikan bahwa untuk menyelesaikan masalah kita harus mencari akar dari masalah tersebut. Menurut beliau salah satu cara menjadi pengurus atau seorang organisatoris yang baik adalah Komunikasi. Komunikasi yang baik dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap berjalannya suatu kepengurusan dalam suatu organisasi. Banyak hal yang disampaikan oleh beliau dan dapat ditangkap dengan baik oleh para peserta.

Sabeum Mulia Rizqina memberikan kenang-kenangan kepada
Pemateri 1 bapak Aris Risdiana, S.Sos.I., M.M
Setelah pemateri pertama selesai menyampaikan tugasnya, acara pun dilanjutkan oleh pemateri kedua yang mengisi tentang Ke-Taekwondo-an. M. Yahya Ortega, S.Ag., sabeum utama UKM Taekwondo Indonesia Dojang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini menyampaikan tentang seluk beluk lahirnya Taekwondo di kampus UIN ini. Ketika masih IAIN, pada awal tahun 1997 untuk pertama kalinya Taekwondo membuka stand pertama penerimaan anggota baru oleh Abdul Ghafur, S.Ag sebagai ketua pada waktu itu. Pada tanggal 1 April 1999 Taekwondo resmi menjadi UKM dibawah naungan UKM Orseni (Olah raga dan Seni) yang diketuai oleh Andi Firzandi, baru pada penghujung tahun Taekwondo resmi menjadi UKM sendiri dan tidak lagi berada dibawah naungan UKM Orseni. Selain menyampaikan tentang sejarah lahirnya Taekwondo di UIN beliau juga menyampaikan tentang masa-masa kejayaan UKM Taekwondo, yang waktu itu banyak mengikuti kejuaraan seperti Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab), Kejuaraan Daerah (Kejurda) dan beberapa kejuaraan ternama lainnya, dengan raihan yang sangat luarbiasa dan perjuangan yang sangat hebat dari para atlet UKM Taekwondo UIN Sunan Kalijaga.

Materi 2 Taekwondo
Mulyadi memberikan kenang-kenangan kepada Pemateri 2
Sabeum M. Yahya Ortega, S.Ag.
Setelah pemateri kedua menyampaikan tentang sejarah lahirnya taekwondo acara dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan yang sering disingkat ISHOMA. Setelah shalat bergantian, para peserta dan panitia juga para tamu undangan berkumpul untuk makan bersama, disini terlihat dengan jelas keakraban dari semua peserta tanpa memandang status apapun, kebahagiaan menyelimuti suasana makan bersama pada siang itu.

Kebersamaan saat makan
Makan bersama sabeum
Setelah istirahat selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang ketiga yaitu tentang Keorganisasian. Materi ini disampaikan oleh salah satu sabeum UKM Taekwondo UIN Sunan Kalijaga yaitu Sabeum Fardan Kholid Murtadho, S.Si., banyak sekali hal yang beliau paparkan tentang kehidupan dan proses yang berada dalam suatu “organisasi”, baik yang baik dan buruk, permasalahan yang datang dan pergi, cara menyelesaikan masalah dalam suatu organisasi, problematika antar anggota dalam suatu organisasi dan banyak hal lain yang beliau sampaikan, bahkan beliau menyampaikan pengalamannya dulu ketika aktif di dua UKM yaitu Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Taekwondo. Beliau menyampaikan bahwa komunikasi antar anggota itu penting, selain agar tidak ada miskomunikasi, juga berguna untuk mempererat hubungan antar anggota dan mengurangi rasa iri diantara mereka.

Penyampaian Materi 3
Materi 3 Organisasi
Ketua Panitia, Luluk Maknunah memberikan kenang-kenagan kepada
Pemateri 3, Sabeum Fardan Kholid Murtadho, S.Si.
Setelah materi organisasi usai disampaikan, acara pun berlanjut ke jenjang yang berikutnya yaitu presentasi dari setiap divisi, disampaikan oleh para pengurus UKM Taekwondo pada periode ini (periode 2014/2015). Disini mereka menyampaikan definisi, fungsi, dan program kerja dari divisi mereka masing-masing, dimulai dari Ketua UKM, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Divisi Keanggotaan, Divisi Hubungan Masyarakat, Divisi Perlengkapan, dan Divisi Dana dan Usaha. Setelah itu peserta diberikan waktu 1 menit untuk menuliskan keinginan mereka jika jadi pengurus nanti sebagai divisi apa, setelah itu acara diistirahatkan sementara untuk melaksanakan shalat Ashar.

Presentasi Ketua UKM
Presentasi Sekretaris UKM
Presentasi Bendahara UKM
Presentasi Divisi Hubungan Masyarakat
Presentasi Divisi Perlengkapan
Presentasi Divisi Dana dan Usaha
Presentasi Divisi Keanggotaan
Acara dilanjutkan dengan membuat kelompok kecil-kecilan dari tiap divisi untuk melakukan Analisys Quotes dan mendikusikannya. Strength (Kekuatan), Weakness (Kekurangan), Opportunity (Kesempatan) dan Treat (Ancaman) akhirnya mulai didiskusikan oleh setiap divisi. Seiring dengan berjalannya waktu akhirnya diskusipun diselesaikan, setelah semua selesai setiap divisi menunjuk satu orang untuk maju dan menyampaikan hasil diskusi mereka masing-masing, banyak hal yang ditemukan dari hasil diskusi tersebut, banyak sekali yang harus dievaluasi lagi dan menjadi pelajaran yang penting bagi tiap divisi.

Diskusi yang dilakukan oleh Divisi Perlengkapan
Diskusi yang dilakukan oleh Divisi Hubungan Masyarakat
Diskusi yang dilakukan oleh Divisi Dana dan Usaha
Diskusi yang dilakukan oleh Sekretaris
Diskusi yang dilakukan oleh Bendahara
Salah satu divisi membacakan hasil diskusinya
Acara pun diakhiri dengan Closing Statement, yang mana Sabeum M. Yahya Ortega, S.Ag., dan bapak Aris Risdiana, S.Sos.I., M.M, menyampaikan pesan-pesan yang berarti dan penting baik bagi pengurus maupun semua peserta Taekwondo Leadership Training pada hari itu. Acara pun ditutup dengan pembacaan doa bersama beserta harapan kepengurusan selanjutnya bisa lebih baik lagi dan lagi. Usai acara semua tamu undangan, sabeum, senior, pengurus dan anggota berfoto bersama sebagai kenang-kenangan kelak mengingatkan semua pada hari yang begitu indah dimana kebersamaan dan kekeluargaan terjalin.

Keluarga Besar Taekwondo Leadership Training 2015
Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti acara Taekwondo Leadership Training 2015 ini, jika banyak kekurangan, jika ada salah dan hal-hal yang tidak berkenan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Jika ada saran dan kritik silahkan sampaikan pada kami. Sekian dari kami, sekali lagi kami ucapkan SELAMAT dan SUKSES selalu.

"Allah SWT tidak melihat hasil dari kerja keras kita, melainkan Allah melihat dan menilai seberapa jauh usaha kita dalam menjalankannya”

Wednesday, 15 April 2015 06.00 am

0 komentar:

Post a Comment